Minggu, 11 Oktober 2009

Cara Menyablon Botol dan Permukaan Cembung Lainnya

Anda mungkin bingung bagai mana cara mencetak botol yang permukaannya cembung alias melengkung. Ada beberapa contoh permukaan cembung yang susah untuk di cetak. Seperti Botol Sprite, Botol Hand Body, Tabung Gas dll.

Berikut triknya.

Kalau anda mau creatif sedikit buatlah meja khusus untuk menyablon benda-benda tersebut. Dan kalau anda ngak mau repot anda bisa memesan jasa pembuatan meja dengan model tersebut.
Sudah banyak yang di jual bebas. Tapi itu membutuhkan modal yang lumayan. Karena baik meja maupun rakel semuanya terbuat khusus. Biasanya permukaan rakel mengikuti bentuk botol yang akan disablon.

Sedangkan cara kerjanya botol cuma berputar ketika screen di dorong dan rakel tetap diam di tempat. Untuk botol dengan bentuk yang rumit jalan satu-satunya adalah dengan memesan meja khusus, tapi kalau botol melengkung dan rata seperti botol bensin, botol gas, anda cukup lakukan trik di bawah ini.
Siapkan peralatannya, keciali meja, karena anda tidak memerlukan catok meja yang biasa anda gunakan.

Letakkan botol di permukaan yang rata, taruh screen diatasnya, posisi harus lurus dengan botol supaya ketika screen di dorong, hasil cetakan tidak miring. Berikutnya, taruh rakel diatas screen dan posisinya tepat diatas botol.

Dorong screen sambil menjaga keseimbangan antara rakel dan botol agar tetap pada posisi semula. Ini memerlukan latihan beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang sempurna.
Percayalah anda hanya perlu menjaga keseimbangan antara rakel dan botol saja.
Ok, Bisa dimengerti? Kalau masih bingung tentang sablon, anda bisa baca disini.

0 komentar:

Posting Komentar

prev next